7 Alat Analisis Situs Terbaik untuk Melacak Pengunjung di Situs Anda

Mendapatkan trafik di situs sangat penting untuk membangun bisnis Anda. Dan pada saat yang sama, Anda perlu tahu bagaimana Anda mendapatkan trafik bagi situs Anda.


Menganalisis data trafik dapat membantu Anda meningkatkan penjualan, prospek, dan lalu lintas Anda lebih jauh. 

Sebagai pemilik situs web, Anda harus tahu dari sumber mana yang memberikan trafik berkualitas tinggi, yang postingan yang mempunyai jumlah trafik tertinggi, dan postingan yang berperingkat tinggi di Google, dan data yang berguna lainnya.

Ada banyak web analisis lain yang digunakan untuk melacak pengunjung Anda. Tapi Anda harus pintar saat memilih alat analisis karena Anda harus tetap dengan alat analisis yang lama. 

Saya akan membagikan daftar 7 Alat Analisis Web Terbaik dengan kelebihan dan kekurangan.

Mari kita mulai.

1. Google Analytics (https://analytics.google.com)



Google Analytics adalah yang alat terbaik untuk melacak pengunjung web Anda. yang memberi tahu siapa yang telah mengunjungi situs Anda, dari mana mereka mengunjungi, berapa lama mereka tinggal, dan banyak lagi. 

Dengan fitur yang gratis dan memiliki banyak fitur yang tidak akan Anda temukan di alat analisis lainnya, bahkan yang berbayar sekalipun.

Kelebihan :
  • Gratis.
  • Menampilkan semua statistik trafik.
  • Mudah untuk melacak lalu lintas ke web Anda.
  • Manampilkan laporan yang khusus sesuai kebutuhan Anda.
  • Layanan Analytics yang sangat bagus mudah bagi Anda untuk menggunakannya.
Kekurangan : 
  • Perlu belajar lagi untuk memahaminya lebih jauh agar mendapat manfaat dari semua data yang Anda dapatkan.
  • Fitur pengguna tidak sederhana, dan kadang Anda bingung mendapatkan data yang Anda inginkan dengan semua laporan yang tersedia di dasbor.
  • Sulit untuk mengaturnya secara manual.

2. Clicky (https://clicky.com)



Clicky adalah alternatif terbaik untuk Google Analytics dan lebih mudah digunakan daripada Google Analytics. Anda dapat melihat semua statistik seperti pengunjung, konten, tautan rujukan, penelusuran, negara, sumber lalu lintas, dan lainnya dalam satu dasbor. 

Didirikan pada tahun 2006 oleh Noah Merritt, perusahaan ini telah berkembang dengan sangat cepat. Banyak blogger yang beralih ke Clicky dan melihatnya sebagai opsi yang lebih baik daripada Google Analytics.

Kelebihan :
  • Data real-time tanpa perlu meninggalkan situs Anda dan hanya dengan menggunakan tombol yang ada di bagian bawah.
  • Tampilan jauh lebih bersih daripada Google Analytics.
  • Terdapat Analisis untuk video yang ada di situs Anda dan bisa melihat jumlah jam yang ditonton untuk setiap video.
  • Terintegrasi dengan Twitter.
Kekurangan :
  • Anda tidak dapat menggunakannya lebih jauh kecuali dengan fitur premium.

3. Jetpack Site Stats (https://jetpack.com)



Jetpack adalah plugin WordPress utama untuk desain, pemasaran, dan keamanan. Yang memiliki fitur Situs Statistik yang dapat menunjukkan data lalu lintas Anda dalam dashboard WordPress. 

Sangat mudah diatur dan digunakan. Anda tidak perlu menambahkan skrip atau kode apa pun. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menginstal dan mengaktifkan plugin Jetpack. dan Anda juga dapat memeriksa statistik situs Anda melalui WordPress Mobile App.

Kelebihan :
  • Gratis digunakan.
  • Mudah dipasang.
  • Anda bisa memeriksa traffic langsung dari dashboard WordPress.
  • Sangat bagus untuk pemula. 
Kekurangan :
  • Hanya menyediakan data dasar jika dibandingkan dengan Google Analytics dan tool lainnya.
  • Anda harus memiliki akun WordPress.com.

4. Gaug.es (https://get.gaug.es/)



Gaug.es adalah alat analisis lain yang dibuat untuk bersaing dengan Google Analytics yang kadang membingungkan. Fungsi utamanya ditujukan orang-orang yang baru memulai dan bisa memahami data dalam waktu yang singkat. 

Kelebihan : 
  • Mudah digunakan. Tidak banyak data yang berantakan - hanya yang penting saja di tampilkan.
  • Real-time data sangat bagus.
  • Cepat.
Kekurangan :
  • Anda perlu membayar untuk menggunakan alat ini.


5. Woopra (https://www.woopra.com/)




Woopra adalah Perangkat Pelacakan Lalu Lintas populer lainnya. Didirikan pada tahun 2009, Situs ini hadir lebih dulu menawarkan cara menghitung pengunjung secara real-time sebelum Google Analytics. 

Salah satu fitur yang membedakan dari semua alat lainnya adalah kemampuan untuk menggunakan pesan atau interaksi yang dipersonalisasi berdasarkan perilaku dan atribut pemirsa. 

Jadi Anda dapat menggunakan email atau mengirim pesan ketika pengunjung melakukan tindakan tertentu. Tetapi untuk menggunakannya, Anda harus membayar terlebih dulu.

Kelebihan :
  • Memiliki lebih banyak integrasi.
Kekurangan :
  • Versi gratis terbatas 
  • Sangat mahal.
  • Tidak berguna bagi blogger gratisan.


6. SEMRush (https://www.semrush.com/sem/)




SEMRush menjadi besar ketika adanya SEO untuk mendapatkan lalu lintas ke situs Anda. Yang juga telah memperbanyak fiturnya untuk membantu Anda menganalisis lalu lintas organik dan PPC dari kata kunci apa pun. 

Tidak hanya itu, Anda dapat menggunakannya untuk melacak dan menganalisis pesaing Anda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang upaya mereka dan bagaimana mereka mendapatkan lalu lintasnya.

Kelebihan :
  • Bisa menganalisis pesaing Anda dengan mudah dan membandingkannya dengan mereka.
  • Menemukan posisi URL Anda dan bisa membantu Anda agar lebih cepat meningkatkan peringkat situs Anda dengan menganalisis situs lain.
Kekurangan :
  • Fitur pelacak tidak lengkap. Namun membantu dalam aspek tertentu untuk mendapatkan lalu lintas organik. 
  • Harganya cukup mahal. Namun SEMRush memiliki versi gratis dan premium.


7. SimilarWeb (https://www.similarweb.com/)




Alat lainnya yang bisa Anda gunakan untuk melihat data situs web dan juga sumber lalu lintas ini memiliki cara yang luar biasa untuk melacak pengguna di beberapa platform, bukan seperti cookie yang digunakan oleh Google Analytics.

Kelebihan :
  • Melacak pengguna di beberapa platform.
  • Anda bisa membandingkan situs Anda dengan pesaing Anda.
  • Bisa melihat semua lalu lintas yang keluar dari situs Anda.
  • Anda bisa melihat situs serupa yang bersaing dengan kunci yang sama.
Kekurangan :
  • Versi pro yang tidak murah.

Kesimpulan : Mana yang lebih baik Anda gunakan dalam menganalis situs Anda?

Semoga postingan ini membantu Anda menemukan alat analitis yang tepat untuk situs Anda. Jika Anda merasa postingan ini bermanfaat,

Tolong bantu saya dengan membagikan posting ini di Facebook, Twitter, atau Google+.

Happy Blogging.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »