Tag judul (deskripsi yang muncul di bagian atas browser) situs Anda adalah salah satu faktor terpenting yang menentukan posisi pada hasil mesin telusur (SERP).
Ada dua kesalahan umum, namun, orang-orang berkomitmen saat membuat tag judul. Yang pertama adalah menggunakan satu judul, biasanya nama blog, untuk semua halaman di seluruh situs. Ini harus dihindari karena judul halaman harus sesuai dengan konten di dalamnya.
Misalkan Anda menggunakan judul "Blog John Doe" di semua halaman. Bahkan jika Anda memiliki posting yang berbicara tentang "The New PlayStation 3", tag judul untuk posting ini adalah "John Doe’s Blog", yang tidak terlalu efektif (karena tidak ada kecocokan pada kata kunci). Judul yang jauh lebih baik adalah "The New PlayStation 3", yang sama persis dengan nama pos daripada nama blog.
Kesalahan kedua yang dilakukan orang adalah memasukkan terlalu banyak kata kunci pada tag judul, berharap mesin telusur akan mempertimbangkan semuanya. Pernahkah Anda melihat judul seperti ini: "Blog Tekno - di mana Anda banyak menemukan sumber daya untuk blog, situs web, teknologi, internet, aplikasi, perangkat lunak, perangkat keras, dan hampir semua hal lainnya!"
Ini juga harus dihindari karena mesin pencari menempatkan nilai pada kata kunci judul tergantung pada jumlah kata kunci. Hasilnya adalah semakin tinggi jumlah kata kunci yang Anda miliki pada judul, semakin kecil nilai yang akan dikaitkan dengan masing-masing dari mereka.
Tag judul yang baik, oleh karena itu, harus pendek (tidak lebih dari 4 atau 5 kata kunci) dan berkaitan dengan konten di dalam halaman.