Bagaimana Mengelola Lalu Lintas Website Anda?

Keberhasilan pendapatan iklan anda bergantung pada jumlah klik yang dihasilkan, yang dibutuhkan adalah banyaknya lalu lintas ke situs anda. Lebih banyak lalu lintas maka akan lebih banyak kemungkinan menghasilkan pendapatan dari iklan atau penjualan produk secara langsung. 


Tanpa lalu lintas, tidak masuk akal bagi pengiklan untuk menampilkan iklan di situs anda. Artikel ini membahas tentang bagaimana memahami dan mengelola lalu lintas situs web anda.

Lalu lintas situs diklasifikasikan ke dalam empat kategori utama seperti di bawah ini :
  1. Lalu Lintas Organik
  2. Lalu Lintas Berbayar melalui Kampanye Iklan
  3. Lalu Lintas Rujukan
  4. Lalu Lintas Sosial

Bagaimana Mengelola Lalu Lintas Website Anda?


Ikuti penjelasan berikut ini :


1. Lalu Lintas Organik dari Mesin Pencari



Lalu lintas organik dari mesin pencari dianggap sebagai lalu lintas yang berkualitas bagi situs anda, karena tidak dibuat secara sengaja oleh pemilik situs. Sangat disarankan untuk menargetkan lalu lintas dari berbagai mesin pencari terkemuka seperti Google, Bing, Yandex, dan Baidu. Ini akan mendorong lalu lintas yang gratis dari seluruh dunia ke situs anda dari pengguna yang tertarik terhadap situs anda.

Gunakan  teknik Pengoptimalan Mesin pencari untuk meningkatkan peringkat situs anda di laman hasil penelusuran untuk mendapatkan jumlah lalu lintas yang berkualitas ke situs anda dari mesin telusur. 

Kirimkan situs anda ke mesin telusur seperti Google, Bing, Baidu, dan Yandex dan mulai pantau kinerja situs anda menggunakan Alat Webmaster untuk mengoptimalkan struktur situs web anda dan keramahan dalam mesin pencari. Ini adalah cara yang paling mudah dan gratis untuk membawa lalu lintas ke situs anda, anda juga dapat mengirimkan situs anda ke direktori web gratis yang terbaik .

Setiap bagian dari halaman anda seperti Judul Halaman, deskripsi Meta, Struktur URL, dll, dan setiap halaman di situs anda harus dioptimalkan agar tampil paling teratas di halaman hasil mesin pencari. 

Secara umum, lalu lintas secara langsung juga dianggap sebagai lalu lintas organik karena sebagian besar pengguna dapat mem-bookmark atau mengingat nama situs anda dan membukanya langsung di browser tanpa mencarinya. Misalnya, sebagian besar pengguna akan membuka Google atau situs Microsoft secara langsung di browser dengan mengetik alamat daripada mencari melalui mesin pencari.

2. Iklan Berbayar / Paid Advertising


Iklan Berbayar / Paid Advertising seperti  Google AdWords, Iklan Bing,   dan Facebook membantu anda mendapatkan iklan bertarget geografis berdasarkan Biaya Per Klik. anda juga dapat menggunakan opsi klik untuk menelepon untuk membayar hanya ketika pelanggan memanggil anda melalui iklan yang anda tampilkan. Iklan berbayar pada dasarnya sama dengan mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari seperti yang dibahas di atas dengan opsi tambahan untuk menampilkan iklan anda di situs jaringan konten mitra mereka.

Bagian yang penting adalah memantau lalu lintas anda dan mencari tahu halaman yang kinerja paling sedikit di situs anda dan mengoptimalkannya untuk berkinerja yang lebih baik.

3. Lalu Lintas Rujukan / Referral Traffic


Lalu lintas rujukan / Referral Traffic adalah lalu lintas yang disengaja yang dibuat oleh pemilik situs menggunakan program pertukaran lalu lintas bebas atau tautan timbal balik. Tidak disarankan untuk menggunakan program pertukaran lalu lintas bebas apa pun karena lalu lintas melalui pertukaran ini bukan dari sumber kualitas. Jika anda menggunakan  AdSense  maka segala sarana lalu lintas melalui program pertukaran lalu lintas gratis akan menyebabkan pelarangan akun AdSense anda untuk waktu hidup.

Jenis lain dari rujukan lalu lintas adalah menciptakan tautan timbal balik dengan pemilik situs lain dan menghasilkan lalu lintas melalui situs lain. Mesin pencari menganggap satu cara tautan untuk menghitung posisi teratas dan tautan timbal balik dianggap sebagai spam. Jika anda menggunakan opsi ini tanpa batas, maka mesin pencari akan menghukum situs anda dengan menandainya sebagai spam manual dan menghapusnya dari halaman hasil mesin pencari.

4. Lalu Lintas dari Jejaring Sosial


Saat ini meningkatkan lalu lintas ke situs anda bukan lagi tugas yang sulit dengan bantuan situs jejaring sosial. Pilihan sederhananya adalah memilih beberapa situs jejaring sosial yang anda memiliki banyak teman dan menautkan situs web anda ke profil anda. anda dapat mengotorisasi situs-situs tersebut untuk saling terhubung satu sama lain agar berbagi konten di semua situs dengan sekali klik. Misalnya, anda dapat memilih Pinterest dan menghubungkan akun Pinterest anda ke Twitter dan Facebook. Ini membuat tugas anda sederhana dengan menyematkan satu gambar di Pinterest yang akan otomatis di-tweet di akun Twitter anda dan kemudian memposting secara otomatis di timeline Laman Facebook anda.

Promosi situs juga menjadi mudah dengan membuat Fanspage Facebook gratis, Yahoo! grup atau di LinkedIn. Cara lain yang sederhana adalah dengan memulai blog dengan Tumblr atau layanan blogging populer (misalnya Sina Weibo adalah platform microblogging terkenal di China) dan mulai berbagi topik yang anda minati dari situs utama anda.

5. Memastikan Rasio Traffic yang Tepat


Itu selalu ide yang baik untuk menggabungkan metode lalu lintas organik, berbayar dan sosial untuk meningkatkan lalu lintas ke situs anda. Tetapi webmaster harus menggunakan alat seperti Google Analytics untuk memantau berbagai sumber lalu lintas ke situs mereka. Untuk mempertahankan status akun penayang yang baik dengan pengiklan, sangat disarankan untuk memastikan bahwa mesin pencari adalah sumber utama lalu lintas ke situs anda.


Pastikan rasio lalu lintas dari berbagai sumber tidak melebihi pedoman berikut:

Sumber Lalu Lintas :
  • Mesin Pencari / Langsung = 60%
  • Lalu Lintas Rujukan = 10%
  • Bayar Iklan Berbayar = 15%
  • Lalu Lintas Sosial = 15%

Jika anda tidak menggunakan kampanye iklan berbayar atau lalu lintas sosial maka mesin pencari / lalu lintas langsung harus 90% dan lalu lintas rujukan adalah 10%.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »