Cara Membuat Saluran YouTube dan Mengoptimalkan dengan SEO


Jika Anda membaca artikel ini, maka saya tidak perlu memberi anda tahu lagi bahwa jaringan video milik Google ini menyumbang 74% lebih dari semua lalu lintas di dunia maya, atau lebih dari lima miliar video YouTube ditonton setiap hari. Anda sudah tahu bahwa YouTube adalah alat konten visual yang penting, dan jika anda siap mulailah memanfaatkan video untuk kepentingan bisnis anda sendiri.

Jadi mengapa anda tidak berinvestasi di YouTube sebagai bagian dari strategi media sosial?

Singkatnya, karena video lebih sulit diproduksi daripada memposting dalam blog atau gambar. Atau setidaknya itulah persepsi yang selama ini kita miliki.

Kenyataannya sekarang, membuat video saat ini lebih mudah dan murah. Ini berarti ada peluang besar untuk bisnis anda melalui YouTube .

Cara Membuat Saluran Channel YouTube 


1. Buat akun Google (jika Anda belum memilikinya).


Untuk menonton, berbagi, membuat, dan berkomentar di konten YouTube, anda memerlukan akun Google.

Jika anda Belum Memiliki Akun Google?

Buka youtube.com dan klik "Masuk / Sign In" di sudut kanan. 


Akan tampil halaman masuk Google. Klik "Opsi lainnya / More options":


Kemudian, klik "buat akun / Create account"


Anda akan diminta untuk mengikuti beberapa langkah untuk membuat akun Google. Setelah anda menyelesaikannya, lanjutkan dengan langkah selanjutnya.

Jika anda Sudah Memiliki Akun Google?

Buka youtube.com dan klik "masuk" di sudut kanan atas. Anda akan dibawa ke laman masuk Google yang sama seperti di atas. Jika anda memiliki banyak akun Google, pastikan memilih akun yang ingin anda kaitkan dengan saluran YouTube.

2. Optimalkan saluran anda dengan merek.


Setelah anda masuk ke akun YouTube, saatnya untuk membuat Saluran / Channel. Kembali ke youtube.com, klik ikon pengguna di sudut kanan atas. Maka anda akan melihat menu tarik-turun, pilih dengan meng-klik "setelan."


Maka akan terbuka ikhtisar akun anda. pilih "See all my channels or create a new channel"


Langkah pertama adalah membuat Akun Merek. 


Nama apa pun seperti yang anda inginkan, tidak harus sama dengan yang anda gunakan untuk membuat akun Google - tetapi saya sarankan nama ini mencerminkan merek yang mewakili Saluran YouTube anda.


Setelah memasukkan nama Akun Merek, anda akan diminta untuk memverifikasi akun melalui pesan teks atau panggilan suara. Masukkan kode yang anda terima dari salah satu opsi yang anda pilih.

Setelah memverifikasi Akun Merek anda, akan muncul dasbor untuk saluran. Sekarang, saatnya untuk mulai menyesuaikan Saluran Youtube anda.

3. Sesuaikan saluran anda.


Ada dua elemen penyesuaian untuk saluran YouTube baru : detail deskriptif, dan visual.

Detail deskriptif

Dari dasbor saluran Anda, klik "Customize channel."


Ini adalah detail saluran anda. Setelah meng-klik "Customize channel", anda akan diarahkan ke laman saluran, anda akan melihat tombol roda gigi di sebelah kanan.


Klik pada tombol roda gigi tersebut, lalu klik pada bagian "advanced settings."


Di sinilah anda harus memasukkan beberapa informasi dasar tentang saluran Anda, seperti negara tempat asal, serta mengoptimalkannya dengan menambahkan kata kunci yang menjelaskan tentang apa dan memilih apakah Saluran anda ingin atau tidak muncul sebagai saluran yang disarankan di halaman akun lainnya.

Dalam pengaturan ini anda dapat menautkan akun AdWords, menambahkan ID pelacakan properti Google Analytics, dan pilihan membuat iklan.

Selanjutnya, anda menambahkan deskripsi dan tautan saluran anda. Kembalilah ke dasbor penyesuaian Saluran Youtube anda,  klik tab "About".


Anda harus mengisi detail seperti : deskripsi saluran, yang harus dioptimalkan agar bisa ditemukan - serta informasi kontak, dan tautan ke situs web anda dan saluran media sosial. Hingga lima tautan yang ada pada sampul saluran, yang berarti bahwa sampul di halaman profil akan berisi ikon tautan yang telah anda buat.

Misalnya, jika anda ingin menampilkan tautan ke Halaman Facebook di sampul Saluran anda, mungkin terlihat seperti ini :


Sampul saluran anda adalah bagian dari penyesuaian saluran anda,

Visual

Ketika anda membuat dan menambahkan sampul pada saluran, Google menawarkan kepada pemilik saluran, mulai dari galeri gambar hingga alat pengeditan gambar.

Salah satu hal yang rumit dalam menambahkan sampul saluran adalah membuat spanduk responsif yang cocok dengan semua dimensi agar bisa ditampilkan dalam semua ukuran, seperti desktop, seluler, atau TV. Untungnya, Google memiliki gambar praktis yang bisa mewakili dimensi terbaik untuk penayangan di setiap platform  ... 


Anda juga harus mengunggah foto profil. Jika saluran ditautkan ke Akun Merek, seperti contoh yang saya gunakan dalam langkah ini, maka anda juga harus memperbarui gambar profil di bagian "about me" yang ada di akun Google. dan ini juga berlaku untuk nama saluran saat anda menggunakan Akun Merek.

Saat anda meng-klik "change" di bawah ikon profil, akan tampil berikut ini :


Klik "edit," dan akan dibawa ke halaman untuk mengedit informasi Akun Merek, termasuk foto profil (yang akan ditampilkan di saluran YouTube).


Saya merekomendasikan memilih gambar dengan  dimensi  800 x 800 piksel.

Selanjutnya, setelah menambahkan sampul saluran. Kembalilah ke dasbor penyesuaian saluran,

4. Tambahkan video dan optimalkan pencarian saluran Anda.


Mengoptimalkan saluran anda agar dapat ditemukan hanyalah awal dari semuanya. Setelah anda menambahkan video, maka perlu mengoptimalkannya untuk pencarian, yang nantinya membantu pengguna menemukan video anda.

Bukan hanya judul video yang akurat, jelas, dan ringkas saja - meskipun itu penting. Berikut ini, saya jelaskan beberapa hal yang paling penting untuk mengoptimalkan video anda di YouTube.

Judul

Ketika saya mencari video, salah satu hal pertama yang menarik perhatian adalah judulnya. Judul sangat menentukan nantinya, apakah pemirsa akan mengeklik untuk menonton video atau tidak, jadi judul tidak hanya menarik, tetapi juga, jelas dan ringkas.

Deskripsi

Deskripsi dibatasi hingga 1.000 karakter - dan ingat bahwa pemirsa anda akan menonton video, bukan membaca teks. Selain itu, YouTube hanya menampilkan dua atau tiga baris teks pertama, yang mencakup sekitar 100 karakter, sehingga buat deskripsi di depan hanya dengan informasi yang paling penting.

Tag

Menggunakan tag bukan hanya memberi tahu pemirsa tentang apa video Anda - tetapi juga memberi tahu ke YouTube untuk memahami konten dan konteks video Anda. Dengan begitu, YouTube dapat mengaitkan video anda dengan video serupa, sehingga dapat memperluas jangkauan konten video anda.

Namun, lakukan dengan hati-hati - harus sama seperti judul video, jangan gunakan tag yang menyesatkan karena Google bisa menghukum anda untuk hal itu.

Kategori

Memilih kategori adalah cara lain untuk mengelompokkan video anda dengan video yang serupa di YouTube - tetapi itu tidak sesederhana kedengarannya. Akademi Pembuat Konten YouTube menunjukkan bahwa pengiklan "berpikir tentang apa yang baik untuk setiap kategori" dan ini harus anda pertimbangkan agar bisa menjawab pertanyaan seperti ini :
  • Siapa top creator dalam sebuah kategori? Apa yang mereka ketahui, dan apakah yang dilakukan sudah sangat baik?
  • Adakah pola di antara pemirsa saluran serupa dalam kategori tertentu?
  • Apakah video dalam kategori yang sama memiliki kualitas berbagi seperti nilai produksi, durasi, atau format?

Sekarang anda tidak hanya tahu cara membuat Saluran YouTube saja, tetapi juga tahu cara mengoptimalkan agar bisa mudah ditemukan dalam pencarian youtube.

Semoga bermanfaat dan bila anda punya tips lain jangan lupa beritahu saya dengan berkomentar dibawah ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »