Facebook masih menjadi media sosial dengan pengguna terbanyak di berbagai belahan dunia, hampir setiap orang pasti memiliki satu akun Facebook. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis online Anda seperti OL SHOP, Jasa Online dan lain sebagainya.
Untuk memenuhi kebutuhan ini, pihak pengembang Facebook sebenarnya sudah memberikan fasilitas yang cukup mumpuni yaitu halaman khusus atau lebih dikenal dengan Fanspage (FP) sebagai wadah promosi bisnis Anda.
Namun, memiliki bisnis online yang bisa terus berkembang dan menghasilkan keuntungan dengan menggunakan FP bukanlah hal yang mudah. Anda tetap perlu strategi pemasaran yang tepat, kesabaran dan kerja keras tentunya.
Beberapa tips investasi di Facebook dengan Fanspage toko online di bawah ini mungkin bisa menjadi solusi bagi Anda.
Hal pertama yang dilakukan untuk memulai investasi di Facebook dengan Fanspage toko online adalah merancang target pasar dengan benar agar tepat sasaran. Sebelum mulai mempromosikan produk di toko online, Anda harus merancang target pasar seperti siapa saja pelanggan yang kemungkinan akan tertarik dengan produk tersebut, bagaimana pelanggan di toko online pesaing Anda, siapa saja yang kemungkinan butuh produk di toko online dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting untuk menghemat tenaga dan uang karena dengan target pasar yang baik, kemungkinan produk Anda akan diterima dan disukai oleh pengguna facebook akan lebih terbuka lebar. Dengan begitu, otomatis peluang terjualnya produk-produk toko online Anda juga akan lebih besar.
Hal kedua yang dilakukan untuk memulai investasi di Facebook adalah membuat Fanspage sendiri. Anda bisa membuat fanspage dengan nama toko online Anda ataupun menggunakan nama pribadi Anda sendiri agar lebih dikenal. Untuk hasil yang lebih besar, Anda juga bisa membuat dua fanspage sekaligus. Satu dengan nama toko online dan satu lagi dengan nama pribadi Anda.
Hal ketiga yang bisa dilakukan adalah mencari pengguna facebook yang sesuai dengan rancangan target pasar yang telah Anda buat sebelumnya. Tetapi sebelum itu, Anda sebaiknya melakukan setting bahasa akun dengan bahasa inggris agar lebih luas pencariannya. Setelah itu, Anda bisa memasukkan kata kunci yang sesuai dengan kriteria produk toko online Anda. Misalnya, Anda menjual produk fashion wanita di daerah Surabaya, Anda bisa memasukkan kalimat “people who live in Surabaya” dan menambahkan pengguna facebook wanita.
Hal keempat yang dilakukan selanjutnya adalah menjalin interaksi yang baik dengan teman-teman baru tersebut dengan cara komen, like, dan cara lainnya. Jika dirasa sudah cukup terjalin interaksi yang baik, Anda bisa mulai untuk mempromosikan Fanspage toko online Anda kepada teman-teman Facebook.
Demikianlah informasi mengenai investasi yang bisa dilakukan di Facebook dengan memanfaatkan fitur Fanspage beserta tips-tips pemasaran yang bisa dilakukan.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang berencana memulai bisnis toko online di media sosial.