Mengenal Search Engine Optimization (SEO)

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik yang meningkatkan visibilitas situs di mesin pencari. Yang membuat website crawlable dan mudah diakses oleh bot mesin pencari. Hal ini meningkatkan struktur situs dan elemen lainnya seperti waktu loading situs dalam rangka meningkatkan keramahan pengguna serta mesin pencari pengguna dari situs web. 

SEO adalah seni yang baik serta berbagai ilmu. Yang bisa menghasilkan lalu lintas ke situs web anda secara organik (yaitu tanpa memilih pengiklan dan membayar uang ke mesin pencari).


SEO juga merupakan istilah yang digunakan untuk mendefinisikan orang yang mempraktekkan teknik ini. Ada yang dikenal sebagai pengoptimalan mesin pencari. Bidang SEO secara langsung berhubungan dengan mesin pencari. Yang mencakup bagaimana mesin pencari memberikan hasil pencarian, bagaimana pengguna menemukan informasi dengan bantuan mesin pencari, apa jenis pengguna dalam kotak pertanyaan, bagaimana sebuah mesin pencari menjelajah web, indeks dan menampilkan hasilnya kepada pengguna akhir dll. Fungsi utama dari optimasi mesin pencari adalah untuk membuat peringkat situs pada halaman pertama di Google hanya dengan beberapa kata kunci yang terkait dengan industri (niche) dari situs web.

Mengenal Search Engine Optimization (SEO)

SEJARAH SINGKAT SEO (SEO Timeline)
  • 1989 - CERN menjadi simpul internet terbesar di Eropa.
  • 1990 Penciptaan Archie oleh Alan Emtage (search engine pertama di dunia) 
  • 1994 - Tim Berners Lee mendirikan World Wide Web Consortium
  • 1995 Peluncuran Alta Vista
  • - Peluncuran Yahoo
  • 1997 Ask Jeeves diluncurkan sebagai bahasa alami mesin pencari
  • 1998- Peluncuran Google
  • - Peluncuran goto (kemudian berganti nama menjadi overture)

TANGGUNG JAWAB OPTIMIZER SEARCH ENGINE

Sebuah optimasi mesin pencari bertanggung jawab untuk memahami bagaimana mesin pencari bekerja dan memberikan hasil. Yang harus merencanakan strategi peringkat halaman web pada utama mesin pencari dengan menerapkan teknik yang disarankan oleh mesin pencari (juga dikenal sebagai topi putih teknik SEO).

Tanggung jawab dari SEO adalah sebagai berikut :
  1. Membuat perubahan pada tag judul dan deskripsi sesuai dengan konten halaman web.
  2. Meningkatkan crawlability dari sebuah situs web.
  3. Mengirimkan website ke mesin pencari utama.
  4. Merencanakan strategi untuk visibilitas mesin pencari yang lebih baik.
  5. Memilih kata kunci menggunakan berbagai alat.
  6. Meningkatkan kemampuan link suatu website.
  7. Tetap diperbarui tentang perubahan yang sedang berlangsung dalam algoritma pencarian.
  8. Meningkatkan popularitas situs web dengan integrasi media sosial dan membangun link.
  9. Menyediakan pengguna dengan tulisan konten yang paling relevan yang ditargetkan kata kunci (Setiap SEO harus berpikir tentang hal ini).
  10. Membuat 301 (jika perlu).
  11. Membuat perubahan pada file robots.txt (jika perlu)
  12. Menganalisis Pesaing . 
  13. Membuat perubahan dalam konten dengan mengingat pengguna serta mesin pencari.

SEARCH ENGINE

Mesin pencari dapat digunakan oleh semua situs, ada peringkat situs di semua utama mesin pencari dunia. Saat ini dibagi beberapa mesin pencari seperti berikut ini :

1. Google 

Google - Tidak diragukan lagi, yang terbaik di dunia mesin pencari, Google ditemukan pada tahun 1998 oleh dua pemuda mahasiswa Stanford University bernama Larry Page dan Sergey Brin. Saat setelah diluncurkan, Google mulai memiliki peningkatan jumlah orang yang menggunakannya karena hasil kualitas dan kecepatannya. Orang menyukai Google karena desain yang sederhana namun kemampuannya luar biasa dengan memberikan hasil yang paling relevan hanya dalam sepersekian detik. Saat ini, Google memegang pangsa pasar lebih dari 75% dari industri mesin pencari.

2. Baidu

Baidu – adalah situs mesin pencari berbahasa Cina dan menjadi peringkat kedua karena China menempati urutan pertama dalam penggunaan internet di seluruh dunia. Ini diciptakan pada tahun 2000 oleh Robin Lee dan Eric Xoo. Baidu memegang pangsa pasar sekitar 7% karena itu banyak kalangan masyarakat Cina yang mempercayai Baidu.

3. Yahoo

Yahoo - Salah satu situs yang paling sering dikunjungi di dunia ini. Yahoo adalah yang paling populer ketiga mesin pencari di dunia yang didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada Januari 1994. Sangat sedikit yang tahu kepanjangan dari Yahoo. Yahoo adalah singkatan dari “Yet Another Hierarchical Oracle”. Saat ini Yahoo memegang pangsa pasar antara 6-6,5%.

4. Bing

Menjadi peringkat ke-4 di dunia dengan pangsa pasar sekitar 4-4,5%. Didukung oleh Microsoft, Bing memiliki potensi yang cukup dalam mengubah metrik pencarian. diluncurkan pada tahun 2009 oleh Steve Balmer (CEO Microsoft). Pada 29 Juli 2009, kesepakatan yang dicapai antara Yahoo dan Bing diputuskan bahwa hasil pencarian Yahoo akan diberikan oleh Bing. dengan cara ini, Bing secara perlahan dan secara bertahap menjadi nomor 1 pesaing untuk Google.

JENIS METODE SEO

Metode SEO secara luas dibagi menjadi dua kategori seperti berikut ini :

1. Pada Optimasi Halaman 

Semua perubahan yang dibuat pada file dan server website berada di bawah di halaman optimasi . Beberapa contoh umum yang mengubah tag judul website, mengubah meta tag website, menulis ulang konten, menerapkan pengalihan , menambahkan beberapa perintah dalam file robots.txt dll Dengan kata sederhana, perubahan yang dilakukan seseorang pada website itu sendiri datang bawah pada optimasi halaman.

2. Pada Teknik SEO
  • Perubahan pada tag judul
  • Perubahan pada tag Meta
  • Perubahan pada konten (Menambahkan kualitas dan konten yang relevan)
  • Menghapus masalah kanonik
  • Memeriksa file robots.txt
  • Mempertahankan hirarki situs yang jelas
  • Meningkatkan aksesibilitas mesin pencari.
  • Mempertahankan jumlah OBL pada halaman web.
  • Menambahkan sitemap.xml dan sitemap.html
  • Menghapus link yang rusak

Off Page Optimization - Pekerjaan yang Anda lakukan untuk mempopulerkan website di World Wide Web di dalam optimasi halaman. Ini mungkin termasuk penyerahan direktori, kiriman artikel, posting forum, blog komentar, link building, promosi media sosial dll

Teknik utama dari Off Page Teknik Optimasi halaman adalah sebagai berikut :
  • Direktori pengajuan
  • Pasal penciptaan dan penyerahan
  • Pembuatan blog
  • Link bangunan
  • Sosial media promosi
  • Video Sharing
  • Postingan tamu
  • Posting forum

JENIS SEO PROFESIONAL

White Hat Seo – Search Engine Optimization profesional yang mengikuti pedoman yang dikeluarkan oleh mesin pencari sekaligus mempromosikan websitenya dengan mematuhi aturan SEO.

Black Hat Seo – Search Engine Optimization profesional yang menerapkan teknik untuk mengelabui algoritma mesin pencari secara sekaligus untuk mempromosikan websitenya. Mereka sering berkata akan memeproleh peringkat website dalam beberapa minggu dan karena itu mungkin merusak juga akan status websitenya. Situs yang menerapkan teknik Black Hat Seo berada dalam bahaya yang akan dikenakan sanksi oleh mesin pencari.

Grey Hat Seo - Orang yang menerapkan campuran keduanya teknik SEO putih dan teknik SEO hitam.

APA YANG BISA SEO LAKUKAN?
  • Dapat meningkatkan lalu lintas ke situs Web Anda dengan bantuan mesin pencari .
  • Dapat membuat situs Anda lebih mesin pencari ramah.
  • Dapat meningkatkan aksesibilitas situs Anda.
  • Dapat meningkatkan nilai merek bisnis Anda.
  • Dapat mempopulerkan bisnis Anda di media sosial platform seperti Facebook, Twitter, Linkedn, Myspace, Orkut dll
  • Dapat membantu Anda untuk menjangkau khalayak niche.
  • Dapat menghasilkan lebih banyak penjualan dan meningkatkan ROI (Return on Inverstment)

BADAN ORGANISASI DAN KONFERENSI
  1. SEMPO – organisasi terbesar di dunia untuk pencarian dan pemasaran digital.
  2. PubCon – Konferensi dan Temu Media sosial orang.
  3. Emetrics – Mengatur pemasaran mesin pencari dan pertemuan puncak mesin pencari optimasi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »